• Jelajahi

    Copyright © Buser Indonesia

    Iklan

    Iklan

    Lebih Cepat Dari Target, PLN Berhasil Membangun Tower Emergency Di Pulau Timor

    Senin, 19 April 2021, April 19, 2021 WIB Last Updated 2021-04-19T10:07:07Z



    buser-indonesia.com - Kota Kupang - Akibat badai siklon tropis Seroja di NTT selama 3-4 Maret 2021, PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mencatat sebanyak 2.410 unit gardu listrik yang tersebar di wilayah Kupang, Pulau Flores bagian barat dan timur, serta Pulau Sumba mengalami kerusakan dan mengakibatkan listrik padam total. 



    Setelah terjadi badai pihak PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) langsung mengerahkan petugas secara masif untuk melakukan upaya pemulihan. Tak hanya di tower yang roboh, PLN juga berfokus pada jaringan Tegangan menengah, tegangan rendah, gardu dan sambungan ke rumah.



    Dikutip dari halaman resmi PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kV yang patah dan roboh akibat diterjang Badai Siklon Tropis Seroja di Desa Tunfeu, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, NTT.



    Satu unit menara darurat setinggi 61 meter atau sebanyak 21 kolom ini berhasil didirikan lebih cepat dari target diawal. Awalnya pembangunan ditarget rampung selama 1 bulan, namun kini dapat diselesaikan hanya dalam waktu 10 hari.



    Keberhasilan pembangunan menara darurat ini berkat sinergitas dari 77 personel gabungan PLN Group, 30 personel TNI KOREM 161 WIRASAKTI dan warga setempat bahu membahu membantu pembersihan jalur transmisi. Dengan ketangguhan dan kompetensi teknis yang sangat baik, kendala dan tantangan yang ada bisa diatasi. Saat ini, PLN tengah melakukan tahapan pengujian pembebanan untuk memastikan keandalan dan keamanannya. 



    Dengan beroperasinya menara darurat ini, maka sebanyak 169.480 pelanggan PLN di 4 kabupaten di Pulau Timor akan segera menikmati kembali listrik. Adapun kabupaten tersebut meliputi kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, dan Belu.


    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini