• Jelajahi

    Copyright © Buser Indonesia

    Iklan

    Iklan

    Kades Lifu Leo Mengaku Siap Alokasi DD Tahun 2020 Untuk Bedah Sejumlah Rumah Tidak Layak Huni

    Senin, 24 Agustus 2020, Agustus 24, 2020 WIB Last Updated 2020-09-04T14:13:55Z

    buser-indonesia.com-Rote Ndao, -Kepala Desa Lifu Leo, Mesakh M. Saudale, mengaku siap mengalokasikan Dana Desa, (DD),  tahun anggaran 2020 untuk membedah sejumlah Rumah Tidak Layak Huni, (RTLH), milik warganya yang miskin. 


    "program bedah rumah ini telah sesuai dengan amanat peruntukan DD. sesuai juklak dan juknis sebagiannya harus berpihak kepada pemberdayaan yang menyentuh langsung dengan masyarakat", demikian terang Kades Lifu Leo, Mesakh M. Saudale, kepada media ini, Senin, (24/08/2020), di kediamannya. 


    Dikatakan Mesakh Saudale,  program pemberdayaan masyarakat, berupa bedah rumah bagi masyarakat tidak mampu, meliputi, bangun baru RLH 3 unit ukuran 5x7 meter, rehab rumah sebanyak 7 buah unit dan bantuan sampan fiberglass sejumlah 20 buah unit.


    "Khusus rumah, diterangkan Kades Saudale, dikhususkan kepada warga tidak mampu yang kondisi rumahnya sudah tidak layak huni,"aku dia. 


    Sementara itu, Mesakh menerangkan, pemberdayaan yang dialokasikan dari APBDes bagi pembangunan baru 3 buah unit rumah menghabiskan anggaran sebanyak 130.000.000 rupiah. Sedangkan untuk rehab berat  7 buah unit rumah akan menelan anggaran sebesar 297.000.000 rupiah", terang penjabat Kades yang biasa disapa Ba'i Saudale itu. 


    Selanjutnya, tiga orang warga yang mendapatkan bantuan bangun rumah baru RLH, yaitu, Lovinus Hun warga Dusun Letelain dan Iskandar Meke serta Demi Amseke asal Dusun Korolok. Begitu juga dengan 7 buah unit rumah yang mendapat rehab adalah, Matheos Pah, Otniel Toudua, Johanis Toudua, Zakari Adu, Placi Tassi dan Erwin Ledoh.


    Rencana program RLH diakui Mesakh Saudale, merupakan keputusan bersama antara Pemerintah Desa, BPD dan masyarakat, dengan memperhatikan berbagai indikator, seperti rumah yang secara defakto tidak layak, mata pencarian dan indikator lainnya sesuai juknis dan juklak", papar dia. 


    Kades yang didampingi beberapa aparat desa menambahkan, dalam waktu dekat rumah yang sudah selesai dibangun dan di rehap akan diserahterimakan kepada masyarakat setelah ada koordinasi dengan pihak kecamatan dalam hal ini camat Landu Leko.


    Salah satu penerima bantuan RLH, Iskandar Meke kepada awak media, dengan mata berkaca kaca mengucapkan terima kasih kepada Kades Lifu Leo bersama perangkat yang sudah peduli terhadap masyarakat miskin yang benar benar membutuhkan bantuan RLH.


    "Semoga Tuhan membalas budi Pak Kades dan perangkatnya", ucap iskandar dengan suara terbata bata.


    Hasil pantauan awak media di lokasi pembangunan RLH, kerjanya sangat cepat, berkualitas dan transparan. 


    Selain itu, seluruh SOP proyek terpenuhi, seperti penancangan papan informasi proyek dan RAB, yang mudah diakses oleh siapapun. *JM.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini